Istilah Teknik Dasar Permainan Sepak Bola FIFA

Istilah Teknik Dasar Permainan Sepak Bola FIFA -  Pada Artikel ini saya akan membahas tentang beberapa teknik dasar yang harus kamu ketahui sebelum kamu bermain sepak bola. teknik in terbagi menjadi 2 macam, yaitu teknik pergerakan tanpa bola dan teknik pergerakan menggunakan bola.


Teknik Dasar Pegerakan Tanpa Bola

Pemain sedang melakukan pergerakan tanpa bola. image: wikimedia.org
Kenapa hal ini harus dipelajari. Karena Latihan ini berguna untuk mengecoh lawan ketika kita dalam keadaan tidak membaewa bola. Ada banyak macam teknik pergerakan tanpa bola diantaranya adalah:
  • Berlari dengan cepat selanjutnya dibarengi dengan merubah arah lari
  • Berlari zig-zag dengan menghindari tabrakan dengan pemain lawan
  • Mencari posisi yang kosong untuk heading ketika tim kita sedangmelakukan corner kick
  • Posisi kita saat menyerang dan ketika melakukan counter attack harus berada di belangan pemain bek lawan agar tidak terjadi offside
  • Berada di pagar benteng ketika tim kita sedang melakukan tendangan ke arah gawang untuk menghalangi kiper

Teknik Dasar Pergerakan Menggunakan Bola


Pergerakan menggunakan bola. images: footballcqt.co.uk
Ketika kita mendapatkan atau menerima umpan dari teman satu tim Hal yang harus kita lakukan adalah dengan menguasai bola agar tidak direbut oleh lawan dan merugikan tim kita. Ada beberapa teknik pergerakan yang dilakukan ketika kita mendapatkan bola atau akan menerima bola.

1. Teknik Dribbling (Menggiring Bola)

Dribbling adalah teknik dasar dalam membawa bola dengan melakukan gerakan berjalan agak cepat atu berlari dan menjaga posisi bola terus berada di dekat kakinya. Ketika kita sedang melakukan dribling usahakan jangan sampai bola direbut oleh pemai lawan. Teknik ini biasa dilakukan saat penguasaan bola penuh pada tim kita. Kita bisa melakukan teknik ini untuk melakukan counter attack dengan cara berlari cepat dan menjaga posisi bola. Jangan terlalu lama dalam melakukan dribbling karena lawan akan mempressure kita sehingga kita tidak lagi dapat mengoper bola ke teman sesama tim.

2. Teknik Passing (Mengumpan Bola)

Passing adalah teknik mengumpan atau mengoper bola ke teman satu tim. Ada 2 jenis teknik passing yang harus kamu tahu yaitu short pass (mengumpan bola dengan jarak yang pendek) dan long pass (mengumpan bola dengan jarak yang jauh).
Ketika kita ingin melakukan teknik short pass gunakan kaki bagian dalam dan dan dengan sedikit diberikan tenaga. Sedangkan untuk melakukan teknik long pass kamu harus melakukannya denagan menggunakan kaki bagian luar atau pada ujung kaki dengan memberikan kekutan yang yang lebih agar bola melambung jauh sesuai dengan yang kita inginkan. Passing ini sama seperti teknik shooting perbedaanya adalah jika teknik shooting bola harus ditendang dengan kekuatan penuh dan bola tidak melambung saat meluncur,

3. Teknik Throwing (Melempar Bola)

Teknik melempar bola ini dilakukan ketika bola keluar dari lapangan sepak bola. Pemain harus melakukan Lemparan ke dalam (throw in) dengan tujuan ke sesama teman satu tim. Dalam melakukan lemparan ada beberapa peraturan yang harus kamu ketahui yaitu:
  • Ketika melakukan lemparan harus menggunakan kedua tangan
  • Pemain harus berada di belakang garis lapangan bagian luar
  • Saat melakukan lemparan posisi awal bola harus berada di belakang kepala dan dilepaskan ketika bola berada di atas kepala
  • Posisi salah satu kaki tidak boleh terangkat ketika melakukan lemparan
  • Tidak boleh menghabiskan waktu terlalu lama dalam melakukan lemparan ke dalam
  • Tidak ada posisi offside ketika melakukan lemparan
  • Apabila salah satu peraturan itu dilanggar oleh pemain maka kesempatan unutk melakukan lemparan ke dalam akan di berikan ke tim lawan.

4. Teknik Controlling (Mengontrol atau Menerima Bola)

Teknik mengontrol atau menerima bola sebenarnya tidak membutuhkan skill khusus. Namun hal ini sering diabaikan oleh pemain sepakbola sehingga menyebabkan bola tidak bisa dikendalikan dan direbut oleh lawan.
Saat melakukan teknik ini kamu bisa menggunakan bagian tubuh seperti kepala, dada da kepala. Intinya dalam melakukan teknik controlling adalah menghentikan bola dan menjaga posisi bola agar tidak terlalu jauh.
Jika posisi bola terlalu rendah sebaknya dihentikan menggunakan kaki, dan bila bola berada pada posisi sedang tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah juga sebaiknya menggunakan tubuh bagian dada, Sebenarnya tidak dianjurkan untuk melakukan teknik menghentikan bola dengan bagian kepala, karena ketika bola berada di atas biasanya menggunakan teknik heading. 
Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan teknik ini adalah jangan pernah melakukannya dengan menggunakan tangan, karena hal ini bisa berakibat kamu mendapatkan kartu kuning bahkan bisa juga mendapatkan kartu merah dan itu akan merugikan tim kamu.

5. Teknik Shooting (Menendang Bola)

Shooting adalah teknik yang dilakukan ketika dalam posisi menyerang dan berada dekat dengan area pertahanan lawan kemudian bola langsung ditujukan ke arah gawang. Teknik ini sama seperti mengoper atau mengumpan ke teman, perbedaanya adalah saat melakukan shooting dengan kekuatan yang maksimal sehingga menghasilkan tendangan yang kencang melesat jauh ke arah gawang. Berikut ini adalah beberapa cara dalam melakukan teknik shooting:
  • Gunakan kaki terkuat dalam melakukan tendangan
  • Posisi bola harus berada tepat disamping kaki tumpuan dengan ujung kaki menghadap sasasaran yang kamu incar.
  • Posisi badan diusahakan sedikit condong ke arah depan
  • Bagian kaki yang ingin menendang bola, diayunkan ke belakang kemudian didorong ke depan dengan kekuatan penuh.
  • Ketika menendang gunakan kaki bagian dalam dengan keadaan badan sedikit miring
  • Saat mendekati bola arahkan kaki ke bagian yang gawang yang kosong.

6. Teknik Dasar Menyundul Bola (Heading)

Teknik menyundul bola umumnya dilakukan saat pemain mendapatkan bola atas dari teman satu timnya atau bisa juga pemain bertahan menyelamatkan bola dari serangan lawan. Saat heading dilakukan usahakan melakukan dengan lompatan dan posisi badan ditarik kebelakang kemudian didorong ke depan dengan tenaga penuh. Posisi bola saat menyundul berada di depan bagian jidat bukan berada di bagian muka.

7. Teknik Merebut Bola (Intercept)

Dalam melakukan teknik ini harus dilakukan bersama teman satu tim. Karena teknik ini bertugas untuk merebut bola dari penguasaan lawan. kamu harus membaca pergerakan lawan danusahakan membayangi lawan jangan mengambil bola dengan satu kali sentuhan. Kemudian lawan melakukan gerak tipu tanpa bola kamu juga bisa melakukan gerak tipu tanpa bola. tenik yang paling mudah dilakukan saat merebut bola adalah ketika bola atas yaitu dengan melakukan heading.

8. Teknik Menyapu Bola (Sliding Tackle)

Teknik ini umumnya biasa dilakukan oleh pemain bertahan. Jika dalam keadaan tertekan pemain bisa melakukan teknik ini untuk menghentikan laju bola. pada teknik ini dilakukan dengan cara menjatuhkan badan. Dalam melakukan hal ini sangat riskan mendapatkan kartu kuning bahkan bisa juga mendapatka kartu merah dari wasit jika teknik  dan timming dalam menyapu bola kurang tepat.

9. Teknik menangkap Bola (Penjaga Gawang)

Pemain yang boleh menggunakan tangan saat pertandingan sepak bola adalah hanya penjaga gawang atau kiper. Teknik menangkap bola juga perlu dipelajari jika kamu ingin menjadi seorang kiper. Jika bola berada dia atas dan tidak bisa tangkap sebaiknya menggunakan teknik menghalau dengan teknik menepis bola. Sedangkan untuk bola yang berada di bawah gunakan kaki jika masih bisa dijangkau atau bila tidak bisa jatuhkan badan kemudian gunakan salah satu tangan untuk menepis bola.
Jika kamu sudah mengetahui tentang beberapa teknik dasar dalam melakukan permainan sepak bola. Selanjutnya tunggu apa lagi langsung praktekan saja ilmu yang sudah dipelajari. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Istilah Teknik Dasar Permainan Sepak Bola FIFA "

Posting Komentar