Peraturan Wajib Para Permainan Sepak Bola FIFA Terlengkap

Peraturan Wajib Para Permainan Sepak Bola FIFA Terlengkap - Pada setiap permainan olahraga pasti ada peraturan yang harus di patuhi oleh setiap orang yang terlibat di dalam pertandingan tersebut. Untuk peraturan sepak bola atau yang biasa disebut “Laws of The Game” sendiri sudah diciptakan oleh FIFA sebagai induk organisasi Internasional. Ketika belum ada peraturan tentang permainan sepak bola olahraga ini cenderung bermain kasar dan tidak tersistem.


Akhirnya FIFA membuat peraturan baku yang wajib dilaksanakan ketika melakukan pertandingan profesional. Berikut ini adalah beberapa peraturan yang kamu harus ketahui sebelum menjadi pemain profesional. Peraturan Permainan Sepak Bola Resmi yang Dikeluarkan FIFA

1. Peraturan Memulai Pertandingan

Sebelum melakukan pertandingan sepak bola, para pemain harus berbaris ke arah penonton dan berjabat tangan antara sesama pemain maupun lawan. Kemudian wasit membawa uang logam, dan kapten dari setiap tim akan memilih salah satu sisi uang logam. Kemudian wasit melemparkan uang logam ke udara dan menangkapnya, maka uang logam yang terbuka dipilih oleh kapten yang akan memilih tendangangan permulaan atau tempat lapangan.

2. Pemimpin Regu atau Tim (Captain)

Pada pertandingan sepak bola terdapat 2 tim dan setiap tim memiliki 11 orang pemain. Dari salah satu tim harus ada yang menjadi pemimpin regu. Hal ini penting diperhatikan karena bila ada masalah dengan timnya, maka captain yang akan turun tangan dan yang bisa berdiskusi dengan wasit.

3. Ukuran Panjang dan Lebar Lapangan Sepak Bola

download-hd-wallpapers.com
Jika kita melihat peratura permainan sepak bola FIFA. Ada beberapa kritreria lapangan standar internasional yang harus dipenuhi.
  • Panjang lapangan sepak bola adalah dari 100 sampai 130 yard (Sekitar 90 sampai 120 meter).
  • Lebar lapangan sepak bola adalah dari 50 sampai 1000 yard (Sekitar 45 sampai 90 meter).
Ukuran panjang dan lebar lapangan sepak bola ini sudah disesuaikan dengan jumlah stardar pemain yang telah ditentukan FIFA yaitu 22 orang yang terbagi dalam dua tim dan masing-masing tim memiliki 11 pemain.

4. Ukuran Bola Standar

Bola merupakan peralatan utama yang ada dalam permainan sepak bola. Maka dari itu harus ada standarisasi ukuran berat bola yang dipakai saat pertandingan. Berikut adalah beberapa aturannya:
  • Keliling bola memiliki diameter tidak boleh lebih dari 28 inchi atau 70 cm.
  • Keliling bola memiliki diameter tidak boleh kurang dari 27 inchi atau 68 cm.
Ada 5 macam jenis bola dengan kegunaan dan karakteristikya, yaitu:

Bola Ukuran 1

Biasanya digunakan untuk pertandingan promosi

Bola Ukuran  2

Sama seperti bola ukuran 1, umumnya digunakan untuk pertandingan promosi

Bola Ukuran 3

Digunakan untuk pemain yang memiliki usia dibawah 8 tahun, yang memiliki ukuran:
  • Keliling lingkaran pada bola 23 sampai 24 inchi atau 58 sampai 61 cm.
  • Berat bola 11 sampai 12 oz atau 312 sampai 340 gram.

Bola Ukuran 4

Digunakan untuk pemain yang memiliki usia 8 sampai 12 tahun, yang memiliki ukuran:
  • Keliling lingkaran pada bola 25 sampai 26 inchi atau 64 sampai 66 cm.
  • Berat bola 12 sampai 13 oz atau 360 sampai 468 gram.

Bola Ukuran 5

Digunakan untuk pemain yang memiliki usia 8 tahun atau diatasnya, yang memiliki ukuran:
  • Keliling lingkaran pada bola 68 sampai 70 cm.
  • Berat bola 14 sampai 16 oz atau 410 sampai 450 gram.

5. Peraturan Jumlah Pemain Sepak Bola

Pada permaianan sepak bola yang bertanding hanya 2 tim dan masing-masing tim terdiri dari 11 pemain. Salah satu dari pemain tersebut harus ada yang bertugas sebagai kiper atau penjaga gawang.
Jika dalam melakukan pertandingan sepak bola kurang dari 7 pemain atau 4 pemain dalam satu tim keluar karena mendapatkan kartu merah atau cidera, maka pertandingan sepak bola dihentikan dan timyang memiliki kekurangan pemain dari 7 dianggap KO.

6. Peraturan Dalam Memakai Aksesoris

Pada saat permainan sepak bola berlangsung para pemain biasanya menggunakan atribut yang dapat mempermudah ketika bermain sepak bola. berikut ini atribut yang biasanya digunakan oleh pemain sepak bola:

Jersey

Jersey adalah pakaian yang terbuat dari bahan sintetik yang bertujuan untuk menutupi badan namun, jersey juga beguna juga untuk menyerap keringat pemain. hal ini yang membedakan antar kaos biasa dengan jersey bola.
Pada setiap tim harus mempunyai brand atau identitas yang berbeda, salah satunya dengan penggunaan warna jersey yang berbeda dan satu tim harus mempunyai 2 jersey, yang 1 untuk laga kandang (Home) dan satu lagi untuk laga tandang (Away). Dalam satu pertandingan kedua tim tidak boleh menggunakan jersey dengan warna yang sama. Jersey yang berbeda bertujuan untuk membedakan yang mana lawan dan kawan.

Kaos Kaki

Dalam pertandingan resmi sepak bola, warna kaos kaki satu tim harus sama. Kaos kaki juga berguna untuk mencegah cidera dan melindungi tulang kering kaki jika terjadi benturan dengan pemain lawan.

Sarung Tangan

Sarung tangan dikembangankan dengan teknologi terbaru dan dirancang untuk memudahkan dalam menangkap bola dan melindungi tangan dari tendangan bola yang sangat keras. Atribut sarung tangan hanya boleh digunakan oleh pemain penjaga gawang (kiper). Pemain lain bisa memakai sarung tangan jika pada pertandingan sepak bola dilakukan ditempat yang dingin atau bersalju.

Penutup Kepala

Penutup kepala hanya dapat digunakan untuk pemain yang sedang mengalami cidera atau dalam proses penyembuhan.

Aksesoris yang Dilarang

Pada pertandingan sepak bola ada beberapa aksesoris yang tidak boleh digunakan, seperti: anting, gelang, kalung dll.

7. Wasit

Wasit adalah pengadil lapangan dan yang memberikan keputusan bila pemain bola melanggar peraturan yang telah ditentukan. Kemudian wasit juga memegang penuh jalanya pertandingan yang sedang berlangsung. Tugas wasit meliputi hal berikut yaitu:
  • Wasit utama mengendlikan perminan dibantu dengan 2 asisten wasit
  • Memeriksa bola yang dipakai harus sesuai standar yang telah ditentukan
  • Memastikan pemain tidak menggunakan aksesoris yang dilarang
  • Asisten wasit memeriksa gawang yang akan dipakai dalam pertandingan
  • Memulai, menghentikan, menunda dan mengakhiri pertandingan bila ada pelanggaran yang disebabkan oleh pemian mapun pihak luar.
  • Menghentikan permainan bila ada pemain yang mengalami cidera dan butuh pengobatan diluar lapangan
  • Pemain yang keluar lapangan disebabkan cidera harus izin terlebih dahulu kepada wasit sebelum memasuki area lapangan
  • Dan masih banyak lagi.

8. Asisten Wasit

Pada pertandingan sepak bola wasit utama tidak bekerja sendiri namun dibantu oleh 2 orang asisten wasit yang biasa disebut dengan linesman. Tugas asisten wasit lebih ringan daripada wasit utama, yaitu memberitahukan kepada wasit utama bila terjadi offside dengan menggunkan bendera, mengawasi jika bola keluar lapangan maka terjadi lemparan ke dalam dan mengawasi ketika terjadi tendangan sudut belangsung.

9.  Peraturan Waktu Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola dilakukan selama 90 menit namun dibagi menjadi 2 babak, dan setiap babak memiliki waktu 45 menit. Waktu istirahat diantara kedua babak yaitu tidak lebih dari 15 menit. Jika dalam pertandingan salah satu tim membutuhkan pemenang dan waktu sudah permainan sudah 90 menit, maka dilakukan extra time dengan durasi waktu 2 X 15 menit. Bila skor masih sama maka akan diadakan tendangan adu penalty.

10. Peraturan Kick Off

Kick off adalah teknik dalam memulai suatu permainan dan akan dilakukan bila terjadi hal berikut
  • Memulai pertandingan
  • Terjadinya sebuah gol
  • Memulai babak yang kedua
  • Memulai babak extra time

11.  Peraturan Bola Keluar (Out)

Jika bola keluar dari garis lapangan pertandingan maka akan terjadi lemparan ke dalam. Apabila bola keluar di samping lapangan tim yang mengeluarkan bola akan melakuakan lemparan ke dalam, namun bola keuar di samping gawang maka akan terjadi tendangan sudut. Wasit berhak memerintahkan pemain untuk mengeluarkan bola jika ada pemian yang mengalami cidera.

12. Peraturan Gol

Gol adalah masuknya bola ke dalam gawang lawan. Perhitungan gol di dalam pertandingan sepak bola adalah ketika bola masuk ke dalam jaring dan melewati garis gawang dan pemain tidak berada dalam posisi offside, hands ball atau pelanggaran. Teknik dalam memasukan bola ke dalam gawang dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain melalui tendangan bebas, penalti hingga gol bunuh diri. Semua keputusan berada ditangan wasit dan yang menentukan golnya sah atau tidak.

13. Peraturan Offside dan Onside

Pemain dinyatakan offside apabila teman satu tim mengoper ke pemain yang lain dan  berada sedikit didepan bek pertahahanan lawan, Asisten wasit yang menentukan terjadinya offside atau onside. Saat pemain melakukan penyerangan dan terjadi offside asisten wasit akan mengangkat benderanya dan wasit utama menyatakan itu sebagai pelanggaaran offside.
Perhitungan jika tidak terjadi offside adalah ketika pemain belum melewati garis tengah lapangan dan ketika teman satu tim mengoper ke teman yang lain posisi pemain berada di belakang bek lawan.

14. Peraturan Terjadinya Pelanggaran

Pelanggaran dapat terjadi karena banyak hal seperti tackle yang terlalu keras, hands ball, menarik baju pemain lawan, mendorong pemain lawan, mengganggu pergerakan penjaga gawang, dan masih bayak lagi. Wasit akan mengeluarkan 2 macam kartu yaitu kartu merah dan kartu kuning.
Jika pemain mendapatkan kartu merah dari wasit,maka harus meninggalakan lapangan pertandingan. Sedangkan untuk pemain yang mendapatkan kartu kuning itu tandanya mendapatkan peringatan keras dari wasit, bila pemain sama melakukan pelanggaran dan wasit mengeluarkan kartu kuning untuk yang kedua kalinya maka secara otomatis pemain akan mendapatkan kartu merah dan harus meninggalkan lapangan pertandingan.
Pada sebuah pertandingan liga pemain yang mendapatkan kartu kuning akan diakumulasikan dan jika pemain mendapat kartu kuning secara berturut-turut di dalam kompetisi yang sama, maka pemain tidak dapat bermain satu kali di pertandingan selanjutnya dalm kompetisi tersebut.

15. Peraturan Tendangan Bebas (Free kick)

Pada peraturan permainan sepak bola, tendangan bebas dilakukan di wilayah terjadinya sebuah pelanggaran yang disebabkan oleh pemain. Tendangan bebas umumnya berada di luar garis area penalty atau daerah kekuasaan penjaga gawang. Ada dua pilihan jika pemain ingin melakukan tendangan bebas, yaitu tendangan bebas langsung mengarah ke gawang lawang atau mengoper ke teman satu tim terlebih dahulu.

16. Terjadinya Penalty

Penalty terjadi karena pemain melakukan sebuah pelanggaran yang berada di area penjaga gawang atau daerah kekuasaan kiper. Pelanggaran terjadi disebabkan karena banyak hal seperti hands ball, pemain pertahanan lawan melakukan tackle dengan sengaja agar tidak terjadi gol atau penjaga gawang melakukan kesalahan dalam menghalau bola dan masih banyak lagi yang lainya.
Tendangan penalty salah satu pemain yang ditunjuk sebagai algojo penendang bola. Semua pememain harus berada di luar garis area penalti, hanya penjaga gawang dan kiper saling berhadapan. Posisi bola berada di titik yang sudah ditentukan yaitu ditengah-tengah area pertahanan lawan.

17. Lemparan kedalam (Throw in)

Lemparan ke dalam dilakukan saat bola telah keuar dari lapangan pertandingan. Bila ada tim A dan B sedang melakukan pertandingan sepak bola, kemudaian tim A telah mengeluarkan bola, maka yang berhak mengambil lemparan ke dalam adalah tim B. Ketika melkukan lemparan salah satu kaki tidak boleh terangkat dan tidak boleh membuang waktu yang lama dalam melakukan lemparan ke dalam.

18. Tendangan Gawang

Tendangan gawang terjadi apabila bola telah melewati garis gawang yang disebabkan oleh pemain lawan yang sedang melakukan penyerangan. Penjaga gawang atau teman satu tim boleh melakukan tendangan ini dengan syarat bola tidak boleh melebihi garis dalam arean kekuasaan kiper.

19. Tendangan Sudut (Corner kick)

Corner kick dilakukan ketika bola telah melewati garis gawang yang disebabkan oleh pemain pertahanan atau pemain bek. Tendangan ini berada di pojok pertahanan tim lawan. Jika bola keluar di area sebelah kanan penjaga gawang, maka tendangan sudut dilakukan diebelah kiri. Sedangkan jika bola keluar di area sebelah kanan penjaga gawang, maka tendangan sudut dilakukan di pojok sebelah kanan.

20. Peraturan Pergantian Pemain

Dalam pertandingan sepak bola resmi pergantian pemain hanya dapat dilakukan maksimal 3 orang. Jika dalam melakukan pertandingan persahabatan pergantian pemain boleh dilakuakan 7 kali.

Demikian artikel yang membahas tentang peraturan permainan sepakbola.

0 Response to "Peraturan Wajib Para Permainan Sepak Bola FIFA Terlengkap"

Posting Komentar