Jika CR7 dan Messi Tidak Ada maka para Pemain ini yang Dapat Raih Ballon d'Or 9 Tahun Terakhir

Daftar peraih penghargaan Ballon d'Or dalam sembilan tahun terakhir mungkin dapat menjadi indikasi bahwa persaingan antara Real Madrid dan Barcelona tidak cuma soal prestasi klub saja.



Nama pemenang dalam 10 terakhir diisi oleh Ricardo Kaka, yang ketika itu masih berseragam AC Milan. Dua finalis lainnya adalah Cristiano Ronaldo (Manchester United) dan Lionel Messi (Barcelona).

Melihat rival mereka punya kandidat yang dapat meraih gelar bergengsi itu, Kaka dibeli Madrid dua tahun setelah menang Ballon d'Or, sementara Ronaldo dibajak dari United pada tahun yang sama.

Setelah itu, rivalitas penghargaan ini hanya didominasi dua klub itu saja. Namun, apa yang terjadi jika CR7 dan Messi tidak ada?

Mungkin para pemain inilah yang akan meraih gelar bergengsi itu. Yang bukan pemain Barca atau Madrid, boleh jadi mereka akan direkrut dengan ongkos sangat mahal.

9. Fernando Torres - 2008
Fernando Torres ketika itu menjadi bintang ketiga yang diharapkan mampu menyainyi dua megabintang yang mendominasi penghargaan Ballon d'Or. Torres telah meraih penghargaan sebagai pemain Premier League terbaik.

Setelah itu, ia membawa Spanyol menjadi juara Euro 2008. Hanya saja, sejak pamor Kaka menurun, dua nama lain menjadi lebih dominan, CR7 dan Messi. Cristiano Ronaldo yang akhirnya menang tahun itu.

8. Xavi Hernandez - 2009
Tahun 2009 adalah tahun terakhir di mana penghargaan Ballon d'Or diadakan oleh majalah France Football. Tadinya ajang tersebut memusatkan perhatian untuk pemain yang berlaga di liga-liga Eropa. Setahun kemudian, FIFA mengambil alih dengan meleburnya dengan penghargaan FIFA World Player of the Year.

Xavi akan meraih penghargaan itu jika Messi dan Ronaldo tidak ada.

7. Andres Iniesta - 2010
FInalis nominasi penghargaan Ballon d'Or ketika itu didominasi pemain Barcelona dan Spanyol. Maklum saja, La Furia Roja baru meraih juara di Piala Dunia 2010. Dua nama masuk final, yaitu Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Satu lagi adalah Lionel Messi. Iniesta lebih unggul dibandingkan dengan rekan senegaranya, yaitu meraih suara sebanyak 17,36%, sedangkan Messi sebagai pemenang meraih 22,65%.

6. Xavi Hernandez - 2011
Bintang yang telah melegenda namanya di Camp Nou ini sebenarnya masuk dalam daftar berbagai penghargaan bergengsi. Rekor-rekor penghargaan milik Xavi juga tak kalah bergengsi. Ia meraih gelar di IFFHS World's Best Playmaker 2008, 2009, 2010, dan 2011. Ia juga masuk dalam daftar UEFA Team of the Year 2011, selain diikutkan dalam FIFA World XI 2011.

Namun, dunia masih lebih memandang Messi dan Ronaldo.

5. Andres Iniesta - 2012
Semua mata di Eropa tertuju ke Timnas Spanyol ketika itu. Mereka baru meraih gelar dari Euro 2012. Tokoh sentral di dalam tim tersebut tak lain adalah Andres Iniesta. Gelandang Barcelona ini bahkan terpilih sebagai pemain terbaik 2012.

Namun, Iniesta bukanlah pemecah rekor-rekor besar macam Ronaldo atau Messi. Jadi, ia hanya menjadi finalis ketiga.

4. Franck Ribery - 2013
Pemilihan suara untuk pemenang Ballon d'Or 2013 berlangsung ketat. Franck Ribery mampu bersaing dalam mendapatkan dukungan melawan Messi dan Ronaldo.

Ronaldo meraih suara tak sampai sepertiga (27,99%), Messi mendapat 24,72%, dan pemain asal Prancis itu didukung oleh 23,36% pemilih. Tidak terlalu jauh, bukan?

3. Menuel Neuer - 2014
Dua tahun yang lalu, Manuel Neuer adalah tokoh utama bagi Timnas Jerman di Piala Dunia 2014. Ia sampai masuk finalis penghargaan Ballon d'Or. Perolehan suaranya pun tak kalah jauh dibandingkan dengan Messi.

Ronaldo mendapat 27,66%, Messi 15,76%, dan Neuer 15,72. Jarang ada pemain belakang yang meraih penghargaan ini. Jadi, Neuer semestinya bisa menang jika dua rival terberatnya tidak ada.

2. Neymar Jr - 2015
Tahun lalu, final salah satu penghargaan paling bergengsi untuk pemain sepak bola ini didominasi dua klub saja. Lionel Messi dan Neymar (Barcelona), bersaing dengan Cristiano Ronaldo (Real Madrid).

Messi meraih suara 41,33%, sedangkan Ronaldo 27,76%, dan Neymar 7,86%. Tanpa dua teratas, perolehan suara Neymar bisa naik tajam.

1. Antoine Griezmann - 2016
Ada tiga bintang yang menjadi finalis tahun ini. Dua orang bernomor punggung 7 dan satu nomor 10. Selain Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, di situ ada Antoine Griezmann.

Jika dua kandidat terkuat, yaitu Ronaldo dan Messi tidak ada, penghargaan terbaik itu mungkin akan diberikan untuk Griezmann, penyerang Atletico Madrid.

0 Response to "Jika CR7 dan Messi Tidak Ada maka para Pemain ini yang Dapat Raih Ballon d'Or 9 Tahun Terakhir"

Posting Komentar